Sunday 29 September 2013

Masalah Sosial

Masalah sosial adalah perbedaan antara unsur-unsur dalam kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan hidupnya kelompok sosial, atau menghambat  terpenuhinya keinginan-keinginan hidupnya kelompok sosial, sehingga menyebabkan rusaknya ikatan sosial.
Dalam keadaan masyarakat yang senantiasa berubah, banyak sekali timbul masalah-masalah sosial, yang mengakibatkan perubahan terhadap nilai-nilai kemasyarakatan  lama yang dianggap tidak sesuai lagi dengan tuntutan zaman.
Jenis masalah sosial sangat bervariasi, tergantung aspek-aspek kehidupan. Ada yang menganggap bahwa masalah sosial itu berupa keresahan masyarakat yang disebabkan karena tindak kejahatan, ada pula yang mengatakan masalah sosial identik dngan kemiskinan , perceraian dan bentuk-bentuk pelanggaran hukum lainnya.
Timbulnya masalah sosial pada umumnya banyak disebabkan oleh factor-faktor tertentu, seperti kurang stabilnya perekonomian, faktor psikologis, faktor biologis, dan faktor kebudayaan.
Stark (1975) Masalah sosial terbagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Konflik dan kesenjangan, seperti : kemiskinan, kesenjangan, konflik antar kelompok, pelecehan seksual dan masalah lingkungan.
2. Perilaku menyimpang, seperti : kecanduan obat terlarang, gangguan mental, kejahatan, kenakalan remaja dan kekerasan pergaulan.
3. Perkembangan manusia, seperti : masalah keluarga, usia lanjut, kependudukan (seperti urbanisasi) dan kesehatan seksual.
Tawuran merupakan masalah sosial yang ada di masyarakat baik itu diperkotaan atau di pedesaan sekalipun. Banyak sekali kerugian yang diakibatkan dari tawuran tersebut seperti banyak terjadi kerusakan, rasa tidak aman, kematian dan sebagainya. Namun tetap saja banyak pelaku tawuran yang seakan tidak peduli bahkan merasa bahwa tawuran merupakan jalan keluar untuk mengatasi setiap masalah. Tawuran juga bisa dikatakan sebagai ketidakmampuan seseorang dalam melakukan transmisi budaya juga dapat menyebabkan permasalahan sosial.

Sumber:
Soekanto, Soerjono. 1995. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Stark.  1975.

No comments:

Post a Comment