Wednesday 22 October 2014

Sumber Daya Alam




            Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.

            Kebutuhan kita sehari-hari dipenuhi oleh hal-hal yang tersedia di alam, seperti tumbuhan, hewan, tanah, udara, air. Tumbuhan bisa menjadi makanan kita dan makanan hewan. Tumbuhan juga bisa menjadi tempat beristirahat, dan tempat tinggal para hewan. Tumbuhan juga bisa mengasilkan kertas, penghapus dll. Jadi kita harus menjaga tumbuhan karena barang-barang yang kita pakai sehari-sehari sumbernya dari tumbuhan.
            Kemudian dari hewan juga banyak yang bisa kita manfaatkan, seperti daging, kulit, bulu, bahkan hewan bisa menjadi kendaraan. Jadi kita harus menjaga hewan. Lalu ada air yang sangat penting. Air bisa digunakan untuk minum, mencuci, untuk pertanian, produksi energy dan untuk menjalankan pabrik. Jadi jangan buang-buang air, pakailah air seperlunya.
            Banyak sekali SDA yang sangat bermanfaat dan dapat kita gunakan. Intinya kita harus bisa menjaga dan menggunakan itu semua dengan baik.  

Sumber Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=4wiKrZY5GVw

No comments:

Post a Comment