Thursday 29 January 2015

Permasalahan Bidang Industri Berkaitan Dengan Lingkungan Hidup

Seperti yang kita ketahui di Indonesia ini banyak sekali pembangunan yang terus meningkat di segala bidang, terutama pembangunan di bidang industri. Sektor industri berkembang dengan pesat dan beraneka ragam jenisnya. Industri pakaian, industri pengolahan makanan sampai industri logam baik itu industri rumahan, industri kecil, industri menengah, maupun industri besar berkembang pesat seiring perkembangan ilmu pengetahuan.
            Dampak positif dari pembangunan sektor industri sudah banyak kita rasakan, mulai dari meningkatnya kemakmuran rakyat, pendapatan perkapita, mutu pendidikan masyarakat, kesadaran akan kesehatan dan masih banyak lagi sisi positif dari pembangunan. Tumbuh kembangnya perindustrian selain banyak membantu manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya ternyata membawa dampak negatif terhadap lingkungan dengan adanya pencemaran. Pencemaran terhadap lingkungan akan menyebabkan tidak hanya bagi kelestarian lingkungan tetapi juga membahayakan manusia serta makhluk hidup yang lainnya.

Dengan adanya pembangunan industri tersebut maka semakin meningkat pula jumlah limbah yang dihasilkan termasuk yang berbahaya dan beracun yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengelola secara khusus limbah yang berbahaya dan beracun agar dapat dihilangkan atau dikurangi sifat bahayanya.
Kepesatan investasi untuk membuka kesempatan kerja baru dengan meminimumkan jumlah korban adalah salah satu logika umum. Lebih dari itu semboyan azas membangun tanpa merusak lingkungan tampaknya bersifat relatif sudut pandang yang melihatnya dan pada gilirannya orang merasakan kenyataan pencemaran lingkungan semakin meresahkan, maka tidak mengherankan kalau akhir-akhir ini Menteri Kependudukan dan Lingkungan Hidup, dan berbagai pejabat dari instansi terkait mulai bernada keras mengkampanyekan masalah lingkungan hidup. Tindakan ini sudah seharusnya didukung oleh seluruh lapisan masyarakat yang menyadari bahwa masalah lingkungan hidup adalah masalah hidup manusia kini dan masa datang dan akan mengenai semua tanpa terkecuali.
        Dalam penulisan ini yang menjadi masalah utama pembahasan yaitu pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas Perindustrian. Keberadaan pabrik yang sangat dekat dengan tempat tinggal penduduk menimbulkan banyak spekulasi terutama pencemaran lingkungan dan akibat yang akan diterima oleh masyarakat di sekitar pabrik.
        Apapun yang sedang berlangsung dalam bingkai permasalahan lingkungan dalam kaitan dengan keadaan ekonomi dan lingkungan sosial, menuntut agar siapa saja yang memiliki cara terbaik dikemukakan dalam bentuk gagasan rasional yang disampaikan untuk menjadi masukan  bagi aparat fungsional serta tindak kebijaksanaan nyata dari berbagai pihak dalam upaya menanggulangi masalah bahkan bahaya pencemaran lingkungan hidup.
            Kesadaran manusia untuk menanggulangi limbah hasil industri sangat penting. Para pemilik serta pengolah industri adalah pihak pertama yang seharusnya memiliki kesadaran tersebut tanpa kesadaran dari mereka limbah hasil industri tidak akan berkurang begitu saja. Berbagai tindakan dan upaya perlu dilakukan agar pabrik-pabrik di Negara kita  bisa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi tanpa menimbulkan limbah yang berbahaya bagi masyarakat serta lingkungan sekitar.
      Tetapi upaya pemerintah saat ini masih kurang, sehingga masih banyak pemilik industri melakukan pembuangan limbah sewenang-wenang. Oleh karena itu, pemilik industri bisa dengan segera melakukan penaggulangan limbah dengan benar mulai dari sekarang.
            Limbah industri harus ditangani dengan baik dan serius oleh Pemerintah Daerah dimana wilayahnya terdapat industri. Pemerintah harus mengawasi pembuangan limbah industri dengan sungguh-sungguh. Pelaku industri harus melakukan cara-cara pencegahan pencemaran lingkungan dengan melaksanakan teknologi bersih, memasang alat pencegahan pencemaran, melakukan proses daur ulang dan yang terpenting harus melakukan pengolahan limbah industri guna menghilangkan bahan pencemaran atau paling tidak meminimalkan bahan pencemaran hingga batas yang diperbolehkan. Di samping itu perlu dilakukan penelitian atau kajian.
Saran yang dapat saya sampaikan, limbah industri harus ditangani dengan baik dan serius oleh Pemerintah Daerah dimana wilayahnya terdapat industri. Pemerintah harus mengawasi pembuangan limbah industri dengan sungguh-sungguh. Pelaku industri harus melakukan cara-cara pencegahan pencemaran lingkungan dengan melaksanakan teknologi bersih, memasang alat pencegahan pencemaran, melakukan proses daur ulang dan yang terpenting harus melakukan pengolahan limbah industri guna menghilangkan bahan pencemaran atau paling tidak meminimalkan bahan pencemaran hingga batas yang diperbolehkan. Di samping itu perlu dilakukan penelitian atau kajian-kajian lebih banyak lagi mengenai dampak limbah industri yang spesifik (sesuai jenis industrinya) terhadap lingkungan serta mencari metoda atau teknologi tepat guna untuk pencegahan masalahnya.
Kita sebagai masyarakat yang tidak punya wewenang mengatur pabrik-pabrik, selain menanam pohon di lingkungan sekitar ataupun rajin olahraga di pagi hari demi kesehatan. Kita hanya bisa berharap kepada pemerintah untuk mengurus dan mengatur sarana-prasarana yang menjadi sumber pencemaran tersebut. 

Sumber           :
Dirdjosisworo, Soedjono. 1991. Upaya Teknologi dan Penegakan Hukum  Menghadapi Pencemaran Lingkungan Akibat Industri. Bandung

No comments:

Post a Comment