Thursday 20 November 2014

Dampak IPTEK Terhadap Lingkungan Industri



            Seperti yang kita ketahui, kehidupan manusia tidak terlepas dari Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Terapannya yaitu berupa teknologi. Setiap manusia tentu saja memiliki Ilmu Pengetahuan, karena dari zaman dahulu hingga sekarang manusia sudah memiliki akal pikiran untuk berfikir, dan menciptakan sesuatu yang dapat memudahkan proses hidup manusia. Sejak dulu sebenarnya teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan lebih sejahtera. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia. Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA.
Hingga saat ini perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan IPTEK juga dapat mendatangkan malapetaka bagi manusia. Karena semakin canggih perkembangan teknologi, telah membuat masyarakat menjadi malas yang disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang ada tersebut.
Berikut dampak IPTEK terhadap lingkungan Industri :
A.   Dampak Positif

1.      Terjadinya Industrialisasi
Banyak terdapat pabrik – pabrik yang memproduksi kebutuhan manusia saat ini di semua bidang kebutuhan. Industrialisasi mampu memenuhi kebutuhan manusia baik kebutuhan sekunder maupun primer, baik kebutuhan rohani maupun jasmani, kebutuhan formil maupun materi, insdustri dalam bidang pemenuhan kebutuhan manusia sangatlah berperan, di zaman globalisasi seperti ini dampak IPTEK berpengaruh di dunia perindustrian karena dengan adanya teknologi dan komunikasi yang handal akan mempermudah proses produksi. Contoh industri maju adalah industri mobil, senjata, indsutri perkapalan, pesawat terbang, dan transportasi lainnya, industri alat komunikasi, komputer, laptop, dsb.

2.       Produktifitas Dunia Industri Semakin Meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Infestasi dan reinfestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

3.      Persaingan Dalam Dunia Kerja
Persaingan pada dunia kerja akan menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

B.   Dampak Negatif

1.      Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
2.      Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan, konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental instant.
3.      Adanya limbah industri yang mengganggu kehidupan masyarakat antara lain mencemari sungai, mengakibatkan polusi udara dan sebagainya. 

Kesimpulan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.

Saran
            Untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, maka saya berharap bahwa pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi. Sebaiknya umat manusia tidak hanya mendalami pengetahuannya tentang sains dan teknologi saja, tetapi juga harus mendalami nilai-nilai religius, keagamaan untuk menetralisir pengaruh buruk dari sains, teknologi, dan seni untuk mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik lagi.

4 comments: